IKLAN ATAS ARTIKEL HOMEPAGE

Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis

Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis-Formulir PPDB (Pendaftaran Mahasiswa Baru) diperlukan untuk mempermudah proses penerimaan mahasiswa baru di tahun ajaran baru. Formulir PPDB berisi data tentang informasi calon mahasiswa baru.

Formulir PPDB mengumpulkan data calon mahasiswa baru yang mendaftar dan mengisi formulir PPDB untuk dimasukkan ke dalam aplikasi pendataan.

Formulir PPDB bisa offline atau online, offline artinya formulir PPDB dalam bentuk fisik dokumen yang disediakan oleh sekolah, sedangkan online adalah formulir PPDB yang dibuat menggunakan utilitas gratis dan berbayar seperti situs web, halaman blog dan Google Formulir dan sebagainya. 

Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis


Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat formulir pendaftaran online yang bagus menggunakan JotForm. Jotform merupakan website penyedia layanan formulir untuk semua orang termasuk didalamnya yang juga dapat digunakan untuk pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PPDB).

Situs web Jotform ini menyediakan fitur formulir dalam layanan Gratis (Gratis) dan Berbayar (Pro). Namun untuk event PPDB, menurut saya menggunakan layanan gratis sudah cukup dan terlihat bagus.

Dalam menggunakannya kita dapat memodifikasi template sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, kita dapat memilih berbagai template yang dapat digunakan secara gratis, kemudian memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

1. Kunjungi situs JotForm Disini

2. Silahlan registrasi menggunakan akun Google atau akun Facebook

3. Klik Create Form >> Use Template >> Silahkan Pilih template yang sesuai (Saya sarankan menggunakan template “Course Registration Form”)

4. Langkah selanjutkan mari kita sesuaikan dengan kebutuhan data yang harus diisikan oleh calon peserta didik baru dengan terlebih dahulu Klik SETTING untuk menyesuaikan Nama Form, Backgorund, Bahasa dan lain-lain.

5. Setelah selesai melakukan pengaturan dasar, silahkan mengcustomisasi formulir dengan klik BUILD, dan gunakan fasilitas yang tersedia, selengkapnya lihat gambar berikut:

6. Jika sudah sesuai, lanjut untuk mempublikasikan formulir yang telah kita buat tadi dengan klik PUBLISH. Dalam fitur ini kita dapat merubah link dengan cara klik tombol gambar pulpen, Review Formulir PPDB dengan Open New Tab, dan juga Copy Link untuk disebar dengan Klik Copy Link (Lebih jelasnya lihat gambar berikut)

Keungulan JotForm untuk Formulir PPDB Online

Banyak sekali keunggulan Jotform yang bisa kita gunakan walaupun menggunakan layanan gratis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tersedia berbagai Template keren

2. Mudah dimodifikasi

3. Memiliki fitur yang lengkap

4. Database tersedia dalam akun (tidak memerlukan penyimpanan seperti; google drive, onedrive, dll)

5. Database dapat diunduh dalam berbagai bentuk seperti; Excel, Spreedsheet, PDF.

6. Formulir dapat dicetak dan digunakan secara Offline

7. Kelebihan Jotform Wabah Jika digunakan untuk keperluan penggunaan formulir PPDB online, mungkin sebagian dari anda pernah menggunakan Jotform dan mengetahui kelebihan lainnya, silahkan tulis di kolom komentar.

Cara melihat analisa dan mendownload data login (Form Filler)

Seperti yang saya jelaskan di atas, penggunaan formulir PPDB oleh JotForm memiliki keuntungan bahwa database digabungkan menjadi satu akun dan kemajuan jumlah pendaftar dapat diunduh dan dilihat kapan saja dan di mana saja.

1. Klik Menu Form Builder di sisi Pojok kiri atas

2. Klik Sheet untuk melihat data masuk (lihat gambar berikut)

3. Klik Sheet >> Download All untuk mengunduh data, silahkan pilih format unduh (Excel, Spredsheet, PDF)

4. Klik Analysis untuk menganalisis data masuk (lihat gambar berikut)

Itulah tadi tutorial tentang pembuatan Formulir PPDB Online menggunakan JotForm, untuk Demo formulir PPDB yang telah saya buat silahkan klik Disini >> DEMO FORMULIR PPDB 2021 SEDERHANA.

cara membuat ppdb online dengan google drive formulir pendaftaran ppdb online cara membuat pendaftaran siswa baru online cara membuat bukti pendaftaran di google form cara membuat formulir pendaftaran online di android contoh formulir pendaftaran sekolah onlinecara mengisi formulir ppdb online cara membuat formulir pendaftaran online dengan


Akhir kata :


Terimakasih sudah membaca artikel  Cara membuat Formulir PPDB Online Gratis  Cara Hack Diamond ML 100 % dijamin WORK, semoga artikel yang kalian baca dapat bermanfaat buat kita semua, apabila ada yang ditanyakan silahkan komen saja dibawah kolom ya. Biar kita sharing-sharing tentang apa yang kita tahu, apabila ada kata atau bahasa yang salah tulis mohon dimaafkan. Jangan lupa juga kunjungi tutorial-tutorial lainnya di blog ini. Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Masih Banyak sekali trik dan tips Untuk Apliaksi yang bisa kamu coba. Selengkapnya cek di Situs Lutfin.com di bagian Tips dan Trik masukan kata kunci yang kamu inginkan.


Kata Kunci Terkait :


cara membuat ppdb online dengan google drive

formulir pendaftaran ppdb online

cara membuat pendaftaran siswa baru online

cara membuat bukti pendaftaran di google form

cara membuat formulir pendaftaran online di android

contoh formulir pendaftaran sekolah online

cara mengisi formulir ppdb online

cara membuat formulir pendaftaran online dengan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel